Kata Pembuka

Selamat Datang di Blognya
"Mr. Didik Sadianto, Wong Jombang Utara/Asemgede, Ngusikan"

Cari Blog Ini

Konsep "Mass Points" dalam Membantu Menyelesaikan Soal Olimpiade Matematika

“Mass Points” merupakan suatu metode/teknik untuk menghitung perbandingan antara panjang dari ruas garis yang dibuat oleh cevians dan transversal daru suatu segitiga. Pertanyaan-pertanyaan dalam Kompetisi Matematika baik dalam negeri/luar negeri yang dapat diselesaikan dengan metode “Mass Points” juga dapat diselesaikan dengan konsep vektor maupun perbandingan luas.

Akan tetapi menyelesaikan suatu pertanyaan dengan metode “Mass Points” akan diperoleh cara/proses yang lebih sederhana dan proses mencari solusi juga lebih cepat. Hal ini, berarti metode ini sangat penting sebagai alat untuk menyelesaikan setiap masalah-masalah matematika dalam suatu kompetisi yang menuntut kecepatan yang tinggi dalam menyelesaikan masalah yang bersangkutan.

Beberapa kompetisi Internasional yang soal-soalnya dapat diselesaikan dengan konsep “Mass points” antara lain The New York City Intercholastics Mathematics League (NYCIML), American Regions Mathematics League (ARML), American High School Mathematics Examination (AHSME), American Invitational Mathematics Examination (AIME).

Konsep ini saya sampaikan kepada Anak Binaan (TIM OSK SMADU2) pada hari Sabtu, 31 Maret 2012 (Selepas Senam Pagi Bersama). Konsep baru ini, mudah sekali diserap oleh 3 anak binaan OSN saya. Dan bisa menyelesaikan semua soal yang saya berikan. Untuk Materi lebih lengkapnya:
1. Materi & Soal, Klik di Sini.
2. Solusi Latihan Soal, Klik di Sini.


SEMOGA BERMANFAAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar