Kata Pembuka

Selamat Datang di Blognya
"Mr. Didik Sadianto, Wong Jombang Utara/Asemgede, Ngusikan"

Cari Blog Ini

Memuat...

Media Pembelajaran Kalender Bekas SD Kelas I

Berikut ini, salah satu alternatif pembelajaran matematika di kelas I SD. MAkalah ini disusun oleh istri saya, yang sekarang sedang menempuh S 1 di UT Jombang.

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan memanfaatkan kalender bekas sebagai media pembelajaran materi penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas 1 SD, maka siswa akan lebih memahami konsep penjumlahan dan pengurangan. Selain itu siswa kelas 1 SD akan lebih mengenal angka-angka dan urutan-urutan bilangan.


Dalam makalah ini dideskripsikan tentang pengertian media pembelajaran, peranan media pembelajaran, dan pemanfaatan kalender bekas sebagai media pembelajaran matematika di SD. Media pembelajaran adalah media yang digunakan dalam pembelajaran, yaitu meliputi alat bantu guru dalam mengajar serta sarana pembawa pesan dari sumber belajar ke penerima pesan belajar (siswa). Jenis media secara umum yang biasa digunakan dalam proses pembelajaran, antara lain: media grafis, media tiga dimensi, media proyeksi, dan lingkungan. Dalam proses belajar mengajar kehadiran media mempunyai arti yang cukup penting. Karena dalam kegiatan tersebut ketidakjelasan bahan yang disampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara. Peran media dalam pembelajaran adalah: 1) membangkitkan motivasi belajar pembelajar; 2) mengulang apa yang telah dipelajari pembelajar; 3) merangsang pembelajar untuk belajar penuh semangat; 4) mengaktifkan respon pembelajar; dan 5) segera diperoleh umpan balik dari pembelajar. Pemanfaatan kalender bekas sebagai media pembelajaran materi penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas 1 SD, akan mempermudah siswa dalam memahami konsep penjumlahan dan pengurangan.


Bentuk pemanfaatan kalender bekas yaitu dengan memotong kalender pada bagian tanggal dalam satu bulan. Sedangkan, bentuk pengoperasian kalender bekas sebagai media pembelajaran menggunakan prinsip garis bilangan, yaitu berpindah ke bilangan yang lebih besar ketika menyelesaikan operasi penjumlahan dan berpindah ke bilangan yang lebih kecil ketika menyelesaikan operasi pengurangan.

Untuk Filenya klik di sini. . Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar